BPBD Gelar Pembinaan Daerah Rawan Bencana

bpbd 1

Setelah kemarin tanggal 2 Oktober 2018 BPBD Kabupaten Kediri memberikan pembinaan Daerah Rawan Bencana di Desa Tarokan Kecamatan Tarokan, hari ini Rabu 3 Oktober 218 kegiatan serupa dilaksanakan di Desa Kanyoran Kecamatan Semen. Kegiatan di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana ini kembali mengulas tentang pencegahan erosi dengan bioengineering rumput vetiver (Narwastu).

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sebanyak 50 peserta dari semua unsur masyarakat mengikuti kegiatan ini. Bertindak sebagai narasumber, yang pertama Bapak Syamsul Hidayah, SP. dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri. Ia menyampaikan materi tentang pengenalan, cara budidaya dan pengembangbiakan narwastu sebagai tanaman pengendali erosi dan tanah longsor.

bpbd 2

Pemateri kedua yaitu Bapak Khoirul Huda dari Pos Pantau Gunung Api Kelud ( PPGA), yang menyampaikan materi tentang pergerakan tanah di kawasan Kabupaten Kediri. Sedangkan materi ketiga tentang tanggung jawab dalam kebencanaan, disampaikan oleh Bapak Sigit Widianto dari Fasilitator Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Masyarakat (FPRBBM).

Dengan mengikuti pembinaan tersebut diharapkan para peserta mengetahui ancaman, kapasitas, dan resiko bencana yang dihadapi. Mereka juga diharapkan mampu melakukan upaya-upaya pengurangan resiko bencana dengan cara menanam rumput Narwastu.

bpbd 3

Salam Tangguh Salam Kemanusiaan. (bpbd/subi)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Kediri