JatimTerkini.com
BKKBN Jatim Headline JT

BKKBN dan PKK Jatim Garap Sekolah Orang Tua

Surabaya, JatimTerkini

Guna mengatasi kasus stunting di Jatim, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Jatim membuat pilot project sekolah orang tua. Dalam pelaksanaannya, BKKBN akan menggandeng TP PKK Jatim dalam mengawal sekolah orang tua

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Drs Sukaryo Teguh Santoso MPd mengatakan, pihaknya telah menetukan lokus sebagai pilot project sekolah orang tua di Kab. Pasuruan, tetapi karena pandemi program ini sedikit terhambat. Menurutnya untuk penetuan nama program sekolah orang tua pihaknya masih akan memikirkan ulang nama-nama yang tepat. ‘’Soal nama program akan kita susun yang lebih fun,” ujarnya.

Teguh menegaskan, sekolah orang tua ini merupakan program pembelajaran non formal bagi keluarga yang memiliki balita. Nantinya para peserta program mengikuti 12 hingga 13 sesi pertemuan. Mereka tidak hanya dibekali materi, melainkan juga praktik langsung.

Dijelasknnya, program ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua. ‘’Jika ditarik, persoalan keluarga itu ujungnya pada pengetahuan dan keterampilan juga. Tidak hanya keterampilan mengasuh, tetapi juga keterampilan komunikasi yang baik,” ucapnya.

Orang nomor wahid di Perwakilan BKKBN Jatim ini melanjutkan, program ini akan melibatkan ibu dan ayah. Pelaksanaannya pun dilakukan dengan gaya dan cara yang lebih kultural serta disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak mengapresiasi program sekolah orang tua tersebut. Dengan diselenggarakan program sekolah orang tua ini nantinya akan memberikan bekal dan pengetahuan yang cukup kepada para orang tua dalam mendidik dan membesarkan anaknya di rumah.

Kedepan Arumi berharap kepada BKKBN Jatim agar memberikan pelatihan kepada kader PKK dalam program sekolah orang tua. ‘’Pelatihan ini penting sebagai bekal kader PKK dalam mendampingi dan memberikan pelatihan kepada para orang tua di Jatim,’’ terangnya. dna

Related posts

Kapolri: Pelaku Teror Seorang Wanita Berinisial ZA, Simpatisan ISIS

Pemuda Jawara Kedungboto Dengan Berbagai  Unit Usaha di Rumah Kreatif Pemuda

Abdul

Protokol Kesehatan Ketat, Siswa di Sidoarjo Mulai Mengikuti PTM

Abdul