JatimTerkini.com
Headline JT Jatim Nasional Politik Sidoarjo Terkini

BHS Ajak ASN Sidoarjo Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Soal Makna Peringatan HUT RI ke 75

 

 

Bacabup Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) menjadi inspektur upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang digelar di halaman Media Center BHS JL Diponegoro, Sidoarjo, Senin (17/08/2020).

 

SIDOARJO – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengajak sekitar 14.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sidoarjo untuk turut aktif menyadarkan masyarakat Sidoarjo soal makna Peringatan HUT RI ke 75. Hal ini lantaran masih banyak masyarakat Sidoarjo yang belum memiliki kesadaran penuh atas nama Kemerdekaan RI setelah dijajah Belanda selama 350 tahun dan dijajah Jepang selama 3,5 tahun.
Hal ini dibuktikan masih banyak masyarakat Sidoarjo yang masih lalu lalang dan menjalankan aktivitasnya saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dibacakan sekitar pukul 10.17 WIB.

“Kalau saya diamanahi menjadi Bupati Sidoarjo, saya akan mengajak 14.000 ASN untuk mensosialisasikan himbauan Presiden RI agar semua masyarakat menghentikan aktivitasnya saat peringatan 17 Agutus pukul 10.17 WIB,” ujar BHS , Senin (17/08/2020) usai Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 di Media Center BHS.

Mantan anggota DPR RI ini menjelaskan secara nasional semua menginginkan untuk menggugah kesadaran masyarakat, termasuk masyarakat di Sidoarjo untuk memperingati detik-detik Kemerdekaan RI 17 Agustus.

Karena itu, BHS meminta semua masyarakat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI itu agar diperingati bersama-sama sekaligus mengenang jasa para pejuang kemerdekaan.
“Himbaun itu sudah disampaikan Presisen RI dan dilanjutkan Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa),
bahwa pukul 10.17 WIB kita harus menghentikan semua kegiatan dan seluruh aktifitas dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan kita.
Kemerdekaan ini sulit didapatkan makanya harus diperingati. Sebelum kemerdekaan derajat dan kedudukan Indonesia dimata negara lain masih dianggap rendah, setelah kemerdekaan kedudukannya sama. Dengan kemerdekaan ini menjadi jembatan emas menuju Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” imbuhnya.

Karena itu, jembatan emas Kemerdekaan RI ini, lanjut Alumnus ITS Surabaya ini harus diisi dengan perjuangan seluruh rakyat Indonesia untuk nengisi kemerdekaan ini. Apalagi, setelah kemerdekaan semua warga memiliki kedudukan yang sama untuk mempertahankan dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka semua warga jangan sampai tidak mengetahui kewajiban membela tanah air itu.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan kemampuan kita melakukan apa saja demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Saya megajak seluruh masyarakat Sidoarjo untuk secara maksimal menjalankan produktifitasnya dalam mengisi kemerdekaan ini di bidang apa saja. Meski saat ini masih di tengah pandemi,” tegasnya.

Tujuan akhirnya, kata Bacabup yang sudah mengantongi rekomendasi resmi Partai Gerindra ini adalah kesejahteraan. Tidak hanya kesejahteraan bagi Indonesia tapi juga bagi warga Sidoarjo.
“Bahkan bisa menjadi wilayah yang bisa berdaya saing tunggi di dalam apa pun.
Baik di bidang industri, ekonomi maupun dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Sidoarjo,” tandasnya. (jt17)