JatimTerkini.com
Jatim Trenggalek

Bersama Warga Bhabinkamtibmas Kerja Bakti Benahi Jalan Desa

Polres Trenggalek – Kedekatan Aipda Rubianto dengan masyarakat desa Ngadirenggo kecamatan Pogalan memang tak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, disetiap kegiatan Bintara Polisi yang juga menjabat sebagai Bhabinkamtibmas ini bisa dipastikan selalu hadir. Tak terkecuali saat warga setempat menggelar kerja bakti membersihkan dan merapikan jalan desa. Jumat, (5/8).

Bersama Babinsa dan perangkat desa dan masyarakat setempat, Aipda Rubianto tak rishi menyingsingkan lengan baju membersihkan rumput liar yang tumbuh disepanjang jalan menggunakan sabit dan cangkul.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.k menuturkan, menjaga keamanan yang senantiasa kondusif bukanlah perkara mudah. Tak hanya polisi maupun aparat keamanan lainnya tetapi juga memerlukan peran serta masyarakat secara luas. sinergitas dan kedekatan ini harus dibangun sebagai sebuah kebutuhan bersama.

Sebagai salah satu garda terdepan bidang Kamtibmas lanjut AKBP Alith, Polres Trenggalek mengerahkan seluruh sumberdayanya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Pendekatan yang digunakan lebih kepada menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan.

“Tugas Polisi disini tidak hanya terbatas pada bidang Kamtibmas semata. Tetapi lebih dari itu polisi khususnya Bhabinkamtibmas harus mampu bertindak sebagai penggerak, motivator sekaligus kolaborator berbagai kegiatan di tengah masyarakat sehingga menjadi lebih produktif.” Tegasnya.

Sementara itu, Aipda Rubianto mengatakan, peran Bhabinkamtibmas bersama unsur tiga pilar lainnya di tingkat desa bisa dibilang cukup sentral. Kehadiran Bhabinkamtibas tidak hanya berkutat soal keamanan semata tetapi juga dituntut selalu hadir ditengah masyarakat.

“Iya betul. Hari ini kami bersama tiga pilar melaksanakan agenda `Jumat Bersih` dengan kerja bakri bersama warga” Ujarnya.

Aipda Rubianto menuturkan, kerja bakti ini merupakan salah satu sarana mendekatkan diri dengan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini adalah salah satu cara memupuk kebersamaan, kerukunan dan jiwa gotong royong masyarakat.

“Dengan peran masyarakat yang meningkat tentu sangat membantu tugas-tugas Bhabinkamtibmas itu sendiri dalam menjaga Kamtibmas di desa binaan.” Ujarnya seraya tersenyum.

Related posts

Akselerasi Vaksinasi Polres Trenggalek, Gerai Vaksin Presisi Polres Trenggalek Sapa Pelajar SD

Adhis

PMK Menyebar Di Daerah Lain, Polsek Besuki Lakukan Ini

Malam Kupatan, Kapolres Trenggalek dan Dandim 0806 Pimpin Patrali Skala Besar

Adhis