Beri pembekalan, AKBP Didit BWS Ajak Paskibraka Jadi Pelopor Keteladanan

Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. memberikan pembekalan kepada puluhan anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Trenggalek.

Pembekalan yang digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha tersebut dimaksudkan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi setiap anggota Paskibraka. Rabu (14//08)

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit memaparkan tentang bagaimana peran seorang anggota Paskibraka dalam menjaga kedaulatan NKRI. Sebagai anggota Paskibraka harus menjadi pelopor dalam hal memelihara pluralisme dan keberagaman yang merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

“Indonesia terdiri dari 34 Provinsi, 514 Kabupaten/Kota, 17.508 Pulau, 1.340 Suku, 1.211 Bahasa serta beragam adat budaya dan agama. Tidak mudah mengelolanya. Kekayaan Bangsa sekaligus dapat memicu konflik karena perbedaan kepentingan.” Ujar AKBP Didit

Demikian pula dengan media sosial yang tidak bisa dipungkiri turut membawa perubahan mendasar dalam hal berkomunikasi. Dampak negatif media sosial harus mampu diantisipasi khususnya oleh generasi millenial.

“Dewasa ini, Medsos juga dimanfaatkan sebagai salah satu sarana memecah belah bangsa dan paham radikalisme. Salah satunya berupa penyebaran hoax, ujaran kebencian mupun isu Sara” tambah AKBP Didit

Masih kata AKBP Didit, masing-masing anggota Paskibraka merupakan orang-orang pilihan yang sudah melalui seleksi yang sangat ketat. Oleh sebab itu, dalam kehidupan sehari-hari harus mampu menjadi pelopor disiplin, pelopor tertib dan taat hukum sekaligus menjadi pelopor keteladanan khususnya dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Jadilah generasi yang membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Jaga kebanggaan, nama baik dan almamater Paskibraka. Kembangkan selalu sikap nasionalisme, toleransi, berbudaya dan berkebangsaan dengan tetap menjadi tauladan dan pelopor dalam kebaikan” Pesan AKBP Didit

Paskibraka Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 72 orang pelajar tingkat SLTA tersebut sudah mengikuti pelatihan selama hampir satu bulan dan bertugas saat pengibaran dan penurunan bendera merah putih tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 nanti.