Bappeda Kab Probolinggo Gelar FGD Perencanaan Pembangunan Kepariwisataan

Probolinggo, cakrawalanews.co – Dalam rangka mengakomodir beragam pemahaman dan kepentingan yang berbeda-beda dalam perencanaan pembangunan kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang pertemuan R.M. Orin Probolinggo, Kamis (18/10/188).

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Bappeda Anna Maria. FGD diikuti oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo, organisasi profesi dan pelaku jasa wisata, perguruan tinggi, perwakilan BUMDes, pelaku dan pemerhati pariwisata di Kabupaten Probolinggo.

Pada sambutannya Anna Maria menjelaskan, tujuan diselenggarakannya FGD yang melibatkan stakeholder ini adalah untuk merumuskan rancangan visi, misi dan strategi pembangunan kepariwisataan Kabupaten Probolinggo Tahun 2019 – 2034. “Hasil FGD akan menjadi dasar dalam perumusan kebijakan perencanaan kepariwisataan,” terangnya.

Anna menambahkan, pada kegiatan tersebut dirumuskan rancangan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten dan Destinasi Prioritas Pariwisata dengan memperhatikan beberapa aspek seperti sumber daya alam dan budaya yang potensial untuk menjadi daya tarik pariwisata, potensi pasar pariwisata dan lokasi destinasi.

“Perlu diperhatikan pula aspek perlindungan terhadap fungsi dan daya dukung lingkungan hidup, lokasi strategis dalam usaha pelestarian, dan pemanfaatan aset budaya serta kesiapan dan dukungan masyarakat,” imbuh Anna Maria.

FGD yang berlangsung sehari penuh itu diisi dengan beberapa kegiatan mulai pemaparan oleh narasumber, pembentukan kelompok FGD, diskusi hingga perumusan visi , misi dan tujuan rancangan RIPPDA, perumusan rancangan lokasi kawasan strategis pengembangan, dan destinasi prioritas pengembangan pariwisata.

Narasumber yang menyampaikan materi diskusi antara lain dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan materi Kebijakan dan Rencana Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Probolinggo, Tim Penyusun Rancangan RIPPDA Kabupaten Probolinggo dengan materi Rancangan RIPPDA Kabupaten Probolinggo, dan dari Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo dengan materi Isu strategis Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Probolinggo.(red/and/Mr)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com