JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Awas, Pengunjung Mall di Banyuwangi akan Diburu Petugas Vaksinasi

Petugas vaksinasi di Banyuwangi melakukan vaksinasi warga yang dipusarkan di Puskesmas, belum lama ini/dok
Petugas vaksinasi di Banyuwangi melakukan vaksinasi warga yang dipusarkan di Puskesmas, belum lama ini/dok

Banyuwangi (jatimterkini.com)- Mempercepat vaksinasi, Pemkab Banyuwangi terus membuat gebrakan. Salah satunya, menyasar para pengunjung mall. Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi berencana mengerahkan petugas vaksinasi di pusat perbelanjaan. Jika ditemukan pengunjung yang belum vaksin, akan divaksinasi di tempat. Langkah ini mengejar target capain vaksinasi hingga 70 persen.

Vaksinasi pengunjung mall ini akan ditangani satgas dari Dinas Kesehatan, dibantu Puskesmas. Petugas akan siaga di pintu masuk mall. Lalu, memantau pengunjung yang akan masuk. “ Vaksinasi di mall ini untuk menyasar kelompok tertentu. Ini fokusnya pengunjung mall,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono, Jumat (8/10) pagi.

Harapannya, dengan menyasar pengunjung mall, capaian vaksinasi bisa diperluas. Selama ini, vaksinasi mengandalkan pemerintah desa untuk menggerakkan warga. Namun, capaiannya belum bisa maksimal. Dengan jemput bola ke sasaran tertentu, cakupan vaksinasi bisa terus ditambah.

Selain pengunjung mall, vaksinasi jemput bola akan menyasar berbagai kelompok. Diantaranya, karyawan pabrik, buruh perkebunan hingga door to door. “ Kalau vaksinasi menyasar karyawan atau buruh perkebunan, akan lebih mudah dan efektif. Kita jemput bola,” tegas pejabat yang akrab dipanggil Rio ini. Tentunya, vaksinasi menyasar kelompok tertentu ini tetap melibatkan para relawan dan jajaran TNI/Polri.

Hingga minggu ini, vaksinasi dosis 1 di Banyuwangi sudah mencapai 55,03 persen, sekitar 737.558 orang. Total sasaran, 1,340 juta orang. Sedangkan, vaksinasi dosis 2 mencapai 30,40 persen, sekitar 407.375 orang. Data vaksinasi ini berbasis data kependudukan. Sebab, warga yang sudah tervaksin otomatis terekam dalam data kependudukan, tersambung ke pusat. “ Target kami, vaksinasi bisa tembus 70 persen. Apalagi, stok vaksin dari pusat cukup lancar,” tegasnya. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Pekerja Yang Anaknya Berusia 21 Tahun Segera Aktifkan Kepesertaan JKN-KIS

Abdul

Begini Penjelasan Site Manager Perhutani KBM Ekowisata Jatim Terkait Mahalnya Tiket Masuk Wisata Padusan Pacet

Abdul

Dua Motor Bertabrakan di Jalan Kandangan Krembung, 1 Korban Tewas di Lokasi

Abdul