Aware Hak Pilih, Warga Surabaya di Luar Negeri Mengurus Pindah Pilih untuk Pilpres 2019

Hupmas, SURABAYA – Pemungutan suara Pemilu Serentak tahun 2019 masih akan diselenggarakan kurang lebih 6 (enam) bulan lagi. Namun beberapa warga Surabaya yang berada di luar negeri mulai mengurus Surat Pemberitahuan Pindah Pilih yang lebih dikenal dengan A5.

Hal ini terlihat dari pantaun terdapat 5 (lima) warga Surabaya yang berdomisili di Kecamatan Mulyorejo, Tenggilis Mejoyo, Karang Pilang, dan Dukuh Pakis yang telah mengurus A5 di KPU Surabaya yang akan digunakan untuk memberikan suaranya di negara Mesir, Jepang, dan Belanda. Alasan warga Surabaya tersebut tidak bisa memilih di Tempat Pemungatan Suara (TPS) asal disebabkan karena sedang melaksanakan tugas belajar/menempuh pendidikan maupun bekerja di luar negeri.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Anggota KPU Surabaya yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Robiyan Arifin, menyampaikan apresiasinya kepada 5 (lima) warga Surabaya ini yang menyempatkan diri datang ke KPU untuk mengurus pindah pilih.

“Ini adalah bentuk kesadaran WNI yang mulai mengerti pentingnya hak konstitusionalnya sehingga tidak ingin melewatkan perhelatan demokrasi yang sedang berlangsung di Indonesia,” ungkap alumnus Magister Hukum Universitas Bhayangkara Surabaya.

Sebagaimana yang diatur dalam ketentuan pemilih yang berada di luar negeri pada saat Pemungutan Suara yang dilaksanakan pada tanggal 8-14 April 2019 nanti dapat menggunakan hak pilihnya dengan terlebih dahulu mengurus formulir Model A.5-KPU di Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten/Kota setempat.

Untuk mendapatkan Surat Pemberitahuan tersebut harus menunjukkan KTP-el atau surat keterangan dan salinan bukti telah terdaftar sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS asal.

Dengan mengantongi A.5 maka pemilih yang berada di luar negeri dapat menyalurkan hak konstitusionalnya untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. (guh/esar)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPU Surabaya