AUDIENSI KE KPU JATIM, KPI JATIM BERIKAN MASUKAN TERKAIT ISU STRATEGIS PEMILIH PEREMPUAN

 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Surabaya, kpujatim.go.id- Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Jawa Timur melakukan audiensi ke Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) hari ini (Rabu, 13/3). Kedatangan KPI Wilayah Jatim kali ini dalam rangka memberikan masukan terkait isu strategis pemilih perempuan.

Audiensi mendapatkan sambutan baik dari Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani, serta Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia. Sementara itu, hadir dari KPI Wilayah Jatim yakni, Pengurus KPI Wilayah Jatim didampingi oleh beberapa Sekretariat wilayah di beberapa Kabupaten/ Kota, antara lain dari Jember, Jombang, Blitar, kemudian ada dari Gresik, Tuban, serta Malang.

Sekretaris Wilayah KPI Jatim, Wiwik Afifah mengawali kunjungannya menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya beserta rombongan untuk memberikan masukan terkait isu-isu penting yang strategis yang berhubungan langsung dengan pemilih perempuan. “Misalnya isu-isu kampanye golput, kampanye berisi ujaran kebencian, diskriminasi, SARA, dan kampanye-kampanye yang sifatnya hoaks. Kemudian juga terkait dengan isu pindah memilih dan efektivitas program relawan demokrasi untuk melakukan sosialisasi terhadap kelompok pemilih perempuan,” jelasnya (13/2/2019).

Menanggapi yang diutarakan Wiwik, Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani menyatakan KPI ini memiliki peranan penting. “KPI bisa memberikan edukasi yang benar atau pemahaman yang benar kepada teman-teman, tidak hanya pemilih perempuan, tapi juga kelompok-kelompok aktivis perempuan. Karena kelompok-kelompok aktivis perempuan itu dekat dan punya nilai strategis terhadap pemilih perempuan,” terangnya.

Rochani melanjutkan, “Melalui mereka pula KPU dapat membangun sinergitas dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pemilih perempuan. Untuk membangunkan kesadaran kepada pemilih perempuan untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar ke TPS. Untuk bisa berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kepemiluan”.

Dari hasil audiensi ini, menurut Rochani, KPU Jatim akan mensinergikan kegiatan serta program sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berbasis perempuan dengan KPI. Sedangkan beberapa rekomendasi yang yang memang itu termasuk tugas dan kewajiban KPU, akan diperhatikan. “Kendati demikian, sebelumnya perlu Kita klarifikasi terlebih dahulu terkait dengan kebenaran isu tersebut,” tutup mantan Ketua KPU Kota Batu ini.

Audiensi berlangsung dari jam 3 sore sampai dengan setengah 5 sore. Berempat di ruang rapat lantai I kantor KPU Jatim.

(AACS)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPU Jatim