JatimTerkini.com
Surabaya

Art Of Your Plant, Tren Urban Garden Kekinian

Sebagai masyarakat urban yang tinggal dikota-kota besar seperti Surabaya, mungkin akan sulit menemukan lahan yang bisa digunakan untuk media berkebun. Hal tersebut yang kemudian menjadikan tren urban garden muncul di Kota Pahlawan. Urban Garden sendiri merupakan kegiatan bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan sempit. Jenisnya ada bermacam-macam seperti hanging garden, vertical garden, dan juga in pots.

Indhira selaku pelaku urban garden dan penjual tananam urban garden mengatakan, di awal-awal muncul nya tren Urban Garden ini cenderung memiliki fungsi sebagai urban farming, yang mana menanam jenis tanaman bisa dikonsumsi. Namun saat ini,lanjutnya, beberapa masyarakat memanfaatkan Urban Garden sebagai pemanis interior ruang dengan menggunakan jenis tanaman tropikal.

Ira – sapaan akrabnya menuturkan, dengan mengusung tema art of your plant alias seni dalam tanaman, urban garden saat ini menjadi salah salah satu media untuk mempercantik ruang dengan tema-tema minimalis.

Menurutnya, untuk hiasan interior biasanya menggunakan media vas atau pot dengan warna-warna vintage seperti putih tulang, nude, coklat atau hitam. Sedangkan penataannya, bisa dengan di gantung atau diletakkan dengan beralaskan ambalan dinding.

Art of your plant ini memang lagi naik daun, terutama untuk pengguna instagram. Karena kesan foto yang di dapat adalah tropical seasondengan gaya minimalis, orang-orang preferensinya lagi suka kesana,” terang Indeera saat ditemui di kawasan Rungkut pada Minggu, (12/8/2018).

Disampaikan Indeera, jenis tanaman yang bisa digunakan untuk urban garden sendiri termasuk mudah dalam perawatan dan pemeliharaannya. Dirinya mencontohkan, seperti kaktus dan monstera tidak perlu terlalu sering untuk disiram, mungkin 1-2 kali dalam seminggu. “Kalau tanaman-tanaman ini sering disiram malah jadinya membusuk dan matidan ini cuman butuh 1-2 dalam seminggu untuk dijemur di bawah matahari.” Ucap Indeera yang telah memulai urban garden sejak 2 tahun lalu.

Indeera pun berbagi tips untuk para pemula pelaku urban garden. Pertama, urban garden bisa diawali dengan tanaman kaktus atau photos, kedua karena perawatannya hanya perlu disiram 1 kali dalam seminggu. Sementara untuk pemeliharaannya hanya perlu memotong bagian-bagian yang terlihat tua dan berwarna coklat. “Kalau ada bagian tumbuhan yang mulai menualangsung di potong, tujuannyamemberi nutrisi dan merangsang tunas baru yang tumbuh,” imbuhnya.

Perawatan tanaman-tanaman urban garden ini relatif mudah, hanya membutuhkan ketelatenan untuk menjaga nya agar tetap hidup dan segar. Jadi tidak heran jika sekarang banyak influencer Instagram yang menggunakan urban garden dengan mengusung tema art of your plant seperti yang dilakukan publik figur Ayudia Bing Slametdan di Surabaya sendiri ada Indhira. (Nadia Manai)

Sumber : Pemkot Surabaya

Related posts

Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolsek Jambangan Polrestabes Surabaya Pimpin Pemeriksaan Tahanan

redaksi

Ciptakan Situasi yang Aman dan Kondusif, Babhinkamtibmas Polsek Bubutan Melaksanakan Patroli Sambang

Fenny Sisca

Diresmikan Bulan Depan, Museum Pendidikan Bakal Diisi 800 Benda Bersejarah

redaksi