Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2019

50 views

Hari ini Senin (15/4/2019) Polres Tulungagung melaksanakan kegiatan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2019 yang dilaksanakan di GOR Lembu Peteng Jl. Soekarno-Hatta Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung. Acara yang dimulai pukul 15.00 WIB.

Sebagai pimpinan apel yaitu Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar, SIK yang didampingi oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Kasdim 0807 Mayor. Inf. Moh. Samsul Hadi, S.Ag serta sebagai komandan apel Kasat Sabhara AKP Soimun Soleh. Peserta apel dari POM TNI, Kodim 0807 Tulungagung, Polres Tulungagung, Linmas dan Menwa. Juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Kepala BNN Tulungagung, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Camat se-Kabupaten Tulungagung, Ketua Parpol peserta Pemilu 2019, Perwakilan Ormas (NU, LDII, MUHAMADIYAH, FKUB, BAMAG).

Dalam amanatnya Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar, SIK menyampaikan bahwa Apel Pergeseran Pengamanan TPS ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan kita atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran, demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 serta memantapkan kesiap siagaan baik personil, perlengkapan dan cara bertindak. Untuk itu personil yang terlibat pengamanan TPS baik Polri, TNI dan Linmas maupun dari Aparat Keamanan Lainya benar-benar memahami tugas pokoknya dan melaksanakan pengamanan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Selain Pengamanan Pentahapan Pemilu, Agenda Kegiatan Masyarakat Di Kabupaten Tulungagung Cukup Padat Yang Juga Memerlukan Pengamanan Dari Polri Hal Ini Bisa Berdampak Terhadap Potensi – Potensi Kerawanan Yang Muncul Terkait Pemilu 2019 Dan Semua Potensi Tersebut Sudah Di Prediksi Oleh Inteljen Tinggal Bagaimana Kita Mengelola Dengan Baik Potensi-Potensi Kerawanan Tersebut Untuk Tidak Menjadi Gangguna Nyata.

Pada Kesempatan Ini Saya Atas Nama Pribadi Dan Selaku Kapolres Tulungagung Mengucapkan Terima Kasih Yang Sebesar Besarnya Kepada Seluruh Anggota Yang Terlibat Langsung Ataupun Tidak Langsung Selama Tahapan Pemilu 2019 Hingga Sampai Hari Ini Situasi Sangat Kondusif Khususnya Saat Pelaksanaan Kampanye Tidak Ada Hal-Hal Yang Prinsip Yang Dapat Menganggu Aktifitas Masyarakat Secara Umum, Situasi Seperti Ini Harus Kita Pertahankan Sampai Dengan Pentahapan – Pentahapan Pemilu Selesai. Dan Itu Semua Atas Sinergitasnya Antara Tni – Polri, Pemerintah Daerah Dan Peran Serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Dan Didukung Oleh Elemen-Elmen Masyarakat Lainya Dalam Menjaga Kamtibmas Di Kabupaten Tulungagung Yang Aman Dan Kondusif.

Hari H Pungut Suara Tinggal 2 Hari Lagi Tepatnya Besuk Hari Rabu Tanggal 17 April 2019 Dengan Jumlah Tps Di Kabupaten Tulungagung Sebanyak 3.768 Tps, Jumlah Pemilih Tetap Adalah 852.699 (Delapan Ratus Lima Puluh Dua Ribu Enam Ratus Sembilan Puluh Sembilan) Dengan Mengerahkan Personil Pengamanan Dari Polres Tulungagung Sebanyak 555 Personil, TNI Dari Kodim 0807 Tulungagung Sebanyak 271 Personil Dan Dari Linmas Sebanyak 7.536 Personil Untuk Mengamankan Tps Dengan Penerapan Pola Pam Sesuai Tingkat Kerawanan Di Masing-Masing Desa Dan Kecamatan.

Perlu Saudara Ketahui Dan Antisipasi Potensi Kerawanan Pada Saat Menjelang Pungut Suara Adalah Sabotase, Teror Bom, Pengrusakan, Pembakaran Tps, Kotak Suara, Kartu Suara Serta Sarana Prasarana Pendukung Lainya, Intimidasi Kepada Panitia, Petugas TPS, Pemilih Yang Hendak Menuju Ke TPS Dan Kemungkinan Adanya Money Politik Atau Sering Di Sebut Dengan Istilah Serangan Fajar, Adanya Pemilih Ganda, Pemilih Yang Syah Tidak Terdaftar, Penggunaan Kartu Pemilih Milik Orang Lain, Provokasi Dari Oknum-Oknum Tertentu Untuk Menggagalkan Jalanya Pemungutan Suara Dan Potensi-Potensi Kerawanan Yang Lain Sampai Dengan Penghitungan Suara Serta Pengiriman Kembali Logistik Ke Tingkat PPK.

Berharap Dengan Kerawanan Tersebut Yang Sangat Mungkin Akan Muncul Terjadi Gangguan Nyata, Saudara –Saudara Harus Peka Dan Tanggap Terhadap Gejala-Gejala Yang Muncul Serta Agar Dapat Mengambil Langkah-Langkah Yang Cepat, Tepat Dan Profesional Dalam Penangananya.

Adapun Penekanan Saya Kepada Personil Polres Tulungagung Yang Terlibat Pengamanan Tps Antara Lain Apabila Terjadi Gangguan Keamanan Saat Pelaksanaan Pemungutan Suara Maka Lakukan Tindakan Tegas, Hindari Arogansi, Lakukan Tindakan Secara Profesional Dan Proposional, Lakukan Komunikasi Dan Koordinasi Secara Sinergis Antara Polri Tni,Linmas, Petugas Kpps Dan Aparat Keamanan Lainya, Kenali Karakteristik Kerawanan Lokasi Tps Yang Diamankan, Siap Siaga Dan Waspada Terhadap Ancaman Diri Sendiri Serta Masyarakat Di Lokasi Tps Dan Selalu Lengkapi Diri Dengan Peralatan Kepolisian Dan Jangan Lupa Selalu Jaga Kondisi Kesehatan Pribadi Masing-Masing.

Sebelum Saya Akhiri Amanat Ini, Saya Selaku Kapolres Tulungagung Menyampaikan Terima Kasih Kepada Seluruh Peserta Apel, Semoga Pengabdian Yang Kita Lakukan Dengan Penuh Keikhlasan Ini Menjadi Catatan Amal Baik Dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, Serta Menjadi Kontribusi Positif, Bagi Terpeliharanya Kamtibmas Yang Kondusif Di Kabupaten Tulungagung.

Dalam kegiatan ini Kapolres Tulungagung AKBP. Tofik Sukendar, SIK yang didampingi oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Kasdim 0807 Tulungagung Mayor. Inf. Moh. Samsul Hadi, S.Ag mengecek pasukan.

Sumber : Pemkab Tulungagung

Pemkab Tulungagung Tulungagung

Posting Terkait