JatimTerkini.com
Jatim Kediri Raya

Antisipasi Rob, Kepolisian Pertebal Pengamanan Wilayah Pesisir

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek sigap melakukan pengamanan di sepanjang wilayah pesisir. Pengaman ini dilakukan sebagai wujud kesiap siagaan menghadapai fenomena banjir Rob disepanjang pesisir Kabupaten Trenggalek. Rabu, (26/5).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan Kabupaten Trenggalek memiliki tiga wilayah pesisir diantaranya Watulimo, Panggul dan Munjungan. Sejak tadi malam pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk mewaspadai potensi banjir Rob yang terjadi sebagai efek gerhana bulan total.

“Kita pertebal pengamanan dilokasi pesisir. Mengimbau warga dan nelayan untuk waspada dan lebih berhati-hati.” Ujar AKBP Doni.

AKBP Doni menambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan stakeholder lainnya seperti UPTD wisata terpadu, Pos TNI AL, syahbandar, hingga paguyuban nelayan. Jika tidak memungkinkan karena gelombang tinggi, pihaknya meminta agar tidak melaut terlebih dahulu dan mencegah kegiatan yang berada di area pantai.

Sebagai informasi, berdasarkan informasi dari Pusat Meteorologi Maritim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengimbau masyarakat waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak maksimum air laut yang berpotensi banjir pesisir (ROB) tanggal 26-31 Mei 2021.

Angin yang berhembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi hingga 46 km/jam dibeberaoa perairan Indonesia mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang utamanya laut jawa, laut flores, laut banda, laut arafuru, perairan barat sumatra, perairan selatan jawa hingga NTT dengan ketinggian gelombang mencapai 3.0 meter.

Bersamaan dengan itu, adanya fenomena Super Blood Moon berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimun yang berpotensi menyebabkan banjir persisir (Rob) dibeberapa wilayah pesisir Indonesia.

Related posts

Larang Warga Mudik dan Pengoperasian Travel Gelap

Adhis

Realisasi Belanja Satker Per Jenis Belanja Polres Trenggalek- TA 2020

Adhis

Kawasan Disiplin Physical Distancing Sepi, Patroli Pantau Wilayah

Adhis