JatimTerkini.com
Kediri Raya

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Mediasi dan Sosialisai Penyelenggaraan Hajatan di Masa Pandemi Digelar di Baldes Bogoran

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.Kep., S.H. hadiri kegiatan Mediasi dan Sosialisasi Perijinan Rencana Kegiatan Masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dalam rangka antisipasi Covid-19 di Balai Desa Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Kamis (27/05).

Selain Iptu Andi Salbi, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Kampak dan Kepala Desa Bogoran, Satgas Covid-19 Desa Bogoran beserta tokoh masyarakat dan para warga yang akan mengadakan hajatan di Desa Bogoran.

Kegiatan mediasi dan sosialisasi ini digelar dengan tujuan untuk menyampaikan beberapa aturan dan teknis yang harus dilalui oleh para warga sebelum menggelar hajatan di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir seperti saat ini.

Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi menyampaikan sesuai dengan Surat Edaran Bupati Trenggalek ada beberapa hal yang harus dipenuhi penyelenggara hajatan. Beberapa poin penting tersebut antara lain warga penyelenggara hajatan harus melengkapi berkas administrasi perijinan penyelenggaraan hajatan dari instansi terkait, penyelenggara harus melibatkan Satgas Covid-19 Desa guna mengatur jalannya hajatan, serta jalannya kegiatan hajatan harus mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Iptu Andi juga menambahkan, terkait dengan kebiasaan makan-makan di tempat hajatan yang sudah menjadi budaya masyarakat, diimbau masyarakat harus membuat kebiasaan baru dengan makanan dibungkus dan dibawa pulang. Hal ini juga dapat meringankan beban penyelenggara hajatan dengan tidak perlu menyewa fasilitas peralatan makan seperti piring dan semacamnya.

“Saat warga bertanya apakah tidak ada toleransi untuk makan-makan ditempat hajatan, saya sampaikan alangkah lebih baik apabila warga berupaya membuat kebiasaan baru dengan mengganti makan di tempat menjadi makanan dibungkus dan dibawa pulang. Ini juga menguntungkan tuan rumah dengan tidak perlu repot sewa piring dan sebagainya,” tegas Iptu Andi.

“Diharapkan para warga yang hendak menyelenggarakan hajatan untuk melengkapi semua administrasi perijinan. Kami selalu berupaya untuk menegakkan aturan supaya semua melaksanakan hajatan sesuai SE Bupati, dengan begitu semoga tidak terjadi penularan Covid-19 kembali,” pungkasnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Tanggungjawab Tugas Harkamtibmas, Kapolsek dan Wakapolsek Dongko Berbagi Peran

Adhis

Bu Bhabin Amankan Pendistribusian BSP Untuk Warga Desa Binaannya

Adhis

Pastikan Perbankan Aman Dari Pelaku Kriminalitas Petugas Patroli Cek Dan Ricek Perbankan

Adhis