Antisipasi Fraud Dana Kapitasi, Dinkes Jatim Jalin Kerjasama Dengan Kejati Jatim

183 views

Surabaya, Jatim Terkini – Untuk mengantisipasi resiko kecurangan (Fraud) pengelolaan dana kapitasi, Dinas Kesehatan Dinkes Jatim menggelar Rapat Kordinasi Kesehatan Provinsi Jatim dengan mengandeng Kepala Puskesmas se Jatim, Kepala Kejasaan Negeri kabupaten/kota Jatim, Kepala Inspektorat provinsi dan kabupaten/kota Jatim yang digelar Senin (18/3) di Surabaya.

Kepala Dinkes Jatim Kohar Hari Santoso menyatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menginformasikan sistem perencanaan dan pemanfaatan dana kapitasi JKN, memberikan informasi terkait dengan sistem pertanggungwaban keuangan sesuai aturan pusat dan daerah, untuk mencegah tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan program JKN di Jatim.

“Untuk itu kegiatan rapat koordinasikesehatan Provinsi Jatim ini merupakan salah satu forum komunikasi dan informasi antar stakeholder untuk optimalisasi dan peningkatan kontribusi berbagai sektor dalam pencegahan dan penanganan fraud di Jawa Timur,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Kohar mengatakan, untuk pencegahan fraud, pemerintah telah menerbitkan regulasi yaitu Peraturan Menteri Kesehatan No. 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Kecurangan (Fraud) dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Pada Sistem Jaminan Sosial Nasional.Perpres Nomor 82 Tahun 2018 pasal 94 tentang Jaminan Kesehatan Nasional JKN yang mengamanatkan bahwa untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan kecurangan (fraud) dibentuk tim yang terdiri atas unsur Kementerian Kesehatan, Kementerian/Lembaga, BPJS Kesehatan dan Komisi Pemberantasan Korupsi serta kementerian/lembaga terkait. dna

Dinkes Jatim jaksa sahabat dokter kejati jatim

Posting Terkait