15 KABUPATEN/ KOTA TELAH LAKUKAN PENANDATANGANAN NPHD

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menyampaikan perkembangan penandatangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020 hari ini, Senin, tanggal 7 Oktober 2019. Sampai dengan,hari ini, menurut Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq, sudah ada 15 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang telah melakukan penandatanganan NPHD.

Sementara itu, sebagaimana disampaikan Rozaq, meskipun didalam tahapan disebutkan penandatanganan NPHD paling lambat dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2019, namun sampai dengan sekarang ini masih tersisa empat Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang belum melakukan penandatanganan NPHD.

“Empat Kabupaten/ Kota yang belum melakukan penandatangan NPHD ini memang ada beberapa kendala. Diantaranya karena belum menemukan kesepakatan terkait dengan anggaran hibah yang naik bila dibandingkan dengan Pilkada 2015. Hal ini terjadi sebab adanya kenaikan honor penyelenggara adhoc. Kendala berikutnya karena Kepala Daerah yang bersangkutan posisinya masih di luar negeri, anggaran hibah masih direview kembali oleh pemerintah daerah, anggaran masih dalam pembahasan TAPD, dan sebagainya,” papar mantan Komisioner KPU Sampang ini saat dimintai keterangan (7/10/2019).

Ketua KPU RI, Arief Budiman bersama dengan Anggota KPU RI Pramono Ubaid T., Evy Novida Ginting Manik, dan Hasyim As’ary Memberikan Keterangan pada Konferensi Pers

Rozaq melanjutkan, bahwa kendala-kendala ini sudah disampaikan oleh KPU Provinsi Jawa Timur kepada KPU Republik Indonesia. “Dan hari ini, KPU Republik Indonesia juga telah menyampaikan perkembangan penandatanganan NPHD kepada publik melalui konferensi pers. Selanjutnya keempat KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang belum melakukan penandatanganan NPHD ini, oleh Kemendagri difasilitasi untuk mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Daerahnya di Jakarta. Hadir mendampingi dalam pertemuan ini Ketua KPU Republik Indonesia. Kami pun optimis keempat Kabupaten/ Kota yang tersisa, dalam minggu ini akan segera melaksanakan penandatanganan NPHD,” tutupnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Related Post